+62822 1358 5030 • 021-29607527 •

Menjalankan Sistem Manajemen Yang Efektif Dengan Good Cop Versus Bad Cop

MSICERTIFICATION.ID - Menjalankan sistem manajemen yang efektif tidak hanya dilihat dari hasil pengukuran output saja, dan bagaimana pencapaiannya terhadap target. Tapi juga bagaimana memutuskan ketetapan untuk menjalankan sistem, serta menjadi catatan untuk ukuran efektifivitas proses sistem manajemen.

Good Cop versus Bad Cop. Istilah ini menunjukkan bahwa dalam menjalankan proses bisnis organisasi, Anda  tidak perlu selamanya mengikuti SOP atau prosedur yang sudah Anda tetapkan sebelumnya. Cobalah Anda lihat relevansi SOP atau prosedur tersebut terhadap proses yang Anda jalankan, sudah efektif atau belum.

Good Cop versus Bad Cop, yaitu Anda seperti melihat:

  1. Departemen Produksi versus Departemen QC
  2. Departemen Purchasing versus Departemen Finance AP
  3. Departeneb Marketing versus Departemen Finance AR
  4. Departemen Front liner versus Departemen Operasional
  5. Departemen Gudang versus Departemen Pengiriman
  6. dll.

magnum-force-560-3

Contoh bagaimana mekanisme Good Cop versus Bad Cop berperan dalam efektivitas proses:

Orang Gudang: Kami sudah menyiapkan untuk pengiriman barang nomor DTR.X.1216 per tanggal 6 Juni 2016 ke pelanggan, siap dikirim.

Orang Pengiriman: Dasar Bapak mau keluar barang nomor DTR.X.1216 ini dari mana? Kami tidak pernah mengirimkan jadwal pengiriman gudang dengan nomor tersebut.

Orang Gudang : Kami terima informasi dari Sales kalau barang nomor DTR.X.1216 minta dikeluarkan untuk tanggal 6 Juni 2016.

Tags: Training ISO Tips The United Kingdom Accreditation Service Sistem Manajemen Mutu Sistem Manajemen Lingkungan Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Sistem Manajemen Keamanan Pangan Sistem Manajemen Sertifikasi ISO OHSAS 18001 Konsultan Manajemen Joint Accreditation System of Australia and New Zealand (JAS-ANZ) JAS-ANZ ISO 9001 ISO 45001 ISO 22000 ISO 14001 ISO Good Cop Auditor ISO